Laporan akhir PKB

19.38 Edit This 0 Comments »

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM

Mata Praktikum        : Pengantar Kecerdasan Buatan
Kelas                            : 3 IA06
Praktikum ke-            : 1 (Satu)
Tanggal                       : 29 ovemer 2010
Materi                          : Prolog
NPM                            : 50408302
Nama                           : eka yulianti idris
Ketua Asisten            :
Paraf Asisten             :
Jumlah Lembar        : Lembar

LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2010









Prolog
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.
SEJARAH PROLOG
Prolog pertama kali dikembangkan oleh Alain Colmetrouer dan P.Roussel di Universitas Marseilles Prancis tahun 1972. Selama tahun 70-an, prolog menjadi populer di Eropa untuk aplikasi AI. Sedangkan di Amerika Serikat, para peneliti juga mengembangkan bahasa lain untuk aplikasi yang sama yaitu LISP. LISP mempunyai kelebihan dibandingkan prolog , tetapi LISP lebih sulit dipelajari.
Pada awalnya, Prolog dan LISP sangat lambat dalam eksekusi program dan memakan memori yang besar sehingga hanya kalangan tertentu yang menggunakannya. Dengan adanya Compileer Prolog, kecepatan eksekusi program dapat ditingkatkan, namun Prolog masih dipandang sebagai bahasa yang terbatas (hanya digunakan di kalangan perguruan tinggi dan riset.
Pandangan tersebut tiba-tiba berubah di tahun 1981 pada konverensi internasional I dalam system generasi kelima di Tokyo, Jepang. Jepang yang saat itu mengalami kesulitan bersaingdalam pemasaran komputer dengan Amerika Serikat, mencanangkan rencana pengembangan teknologi hardware dan software untuk tahun 1990-an. Dan bahasa yang dipilih adalah Prolog.
Sejak saat itu, banyak orang menaruh minat pada prolog dan saat itu telah dikembangkan versi prolog yang mempunyai kecepatan dan kemampuan yang lebih tinggi, lebih murah dan lebih mudah digunakan, baik untuk komputer mainframe maupun komputer pribadi sehingga Prolog menjadi alat yang penting dalam program aplikasi kecerdasan buatan (AI) dan pengembangan system pakar (expert system).

Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Hampir semua bahasa pemrograman yang ada pada saat ini seperti Pascal, C, Fortran, disebut procedural language untuk menggunakan bahasa tersebut diperlukan algoritma atau procedure yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Program dapat menjalankan procedure yang sama berulang-ulang dengan data masukkan yang berbeda-beda. Procedure serta pengendalian program sepenuhnya ditentukan oleh programmer dan perhitungan yang dilakukan sesuai dengan procedure yang telah dibuat. Dengan kata lain, Pemrograman harus memberi tahu komputer bagaimana komputer harus menyelesaikan masalah.
Prolog mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahasa yang disebutkan diatas, prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.
Pemrogram menentukan tujuan (Goal) dan komputer akan menentukan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut serta mencari jawabannya. Caranya dengan menggunakan “Formal Reasoning” yaitu membuktikan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang telah ada dan relasinya. Prolog memecahkan masalah seperti yang dilakukan oleh fikiran manusia.
Dengan demikian, Prolog sangat ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur dan yang prosedur pemecahannya tidak diketahui, khusunya untuk memecahkan masalah non numeric.
-         Bahasa Pemrograman Prolog :
o       Object oriented languange atau declarative languange.
o       Tidak terdapat prosedur, tetapi  hanya kumpulan data-data objek (fakta) yang akan diolah, dan relasi antar objek tersebut membentuk aturan yang diperlukan untuk mencari suatu jawaban
o       Programmer menentukan tujuan (goal), dan komputer menentukan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut serta mencari jawabannya.
o       Dilakukan pembuktian terhadap cocok-tidaknya tujuan dengan data-data yang telah ada dan relasinya.
o       Prolog ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur, dan prosedur pemecahannya tidak diketahui, khususnya untuk memecahkan masalah non numerik.
o       Prolog bekerja seperti pikiran manusia, proses pemecahan masalah bergerak di dalam ruang masalah menuju suatu tujuan (jawaban tertentu).
o       Contoh : Pembuatan program catur dengan Prolog

Aplikasi Prolog :
-         Sistem Pakar (Expert System)
Program menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang didapat, layaknya seorang ahli.
Contoh dalam mendiagnosa penyakit
-         Pengolahan Bahasa Alami (Natural Languange Processing)
Program dibuat agar pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa manusia sehari-hari, layaknya penterjemah.
-         Robotik
Prolog digunakan untuk mengolah data masukanyang berasal dari sensor dan mengambil keputusan untuk menentukan gerakan yang harus dilakukan.
-         Pengenalan Pola (Pattern Recognition)
Banyak digunakan dalam image processing, dimana komputer dapat membedakan suatu objek dengan objek yang lain.
-         Belajar (Learning)
Program belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan, dari pengamataqn atau dari hal-hal yang pernah diminta untuk dilakukan.
Ø      Macam-macam PROLOG
1.      strawberry prolog
2.      visual prolog
3.      swi-prolog
4.      turbo prolog


Strawberry Prolog
Strawberry Prolog dihasilkan oleh Institut Matematika dan Informatika pada Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria . Versi pertama dirilis pada tahun 1996. Pemimpin tim Strawberry Dimiter Dobrev.
Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaks-nya adalah sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog adalah sangat mudah digunakan dan itulah sebabnya beberapa universitas menggunakannya untuk kursus mereka Prolog
Strawberry Prolog sedang dikembangkan di Institut Matematika dan Informatika dan di Fakultas Matematika dan Informatika.
Kompiler Prolog ini merupakan bagian dari proyek AI.
New sampel program
MultiTetris.pro. (EXE) varian baru dari permainan Tetris di mana beberapa tokoh gagal ke bawah secara bersamaan. (Program ini bekerja dengan versi 2,92 Untuk menjalankan file EXE Anda harus menginstall Strawberry Prolog pada komputer Anda..)
WarCraft.pro. (EXE) Action game! Salah satu epik pertempuran di sebuah hutan yang tak terbatas. (Juga hanya untuk versi 2.92)




3D Studio.pro. Anda dapat menciptakan dunia 3D Anda sendiri dan untuk bergerak di dalamnya untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.
Fractals.pro. Anda akan melihat lapangan fractals tak terbatas di mana Anda dapat bergerak dan bahkan tersesat.
Chess.spj. Anda akan melihat bagaimana mudahnya untuk membuat program Catur Bermain dengan Strawberry Prolog. Mungkin Anda tahu bahwa Veselin Topalov adalah mantan Dunia Catur Champion. Dia Bulgaria!
SWI-Prolog menawarkan Software Gratis komprehensif lingkungan Prolog, berlisensi di bawah GNU Lesser Public License. Bersama dengan XPCE toolkit grafis, pengembangan dimulai pada tahun 1987 dan telah didorong oleh kebutuhan untuk aplikasi dunia nyata. Hari-hari ini SWI-Prolog secara luas digunakan dalam penelitian dan pendidikan serta untuk aplikasi komersial. Lihat statistik download kami.
SWI Prolog
SWI-Prolog fitur paling penting
* Kernel yang berlisensi LGPL. Prolog perpustakaan didistribusikan di bawah GPL dengan pernyataan tambahan yang memungkinkan untuk digunakan dalam aplikasi proprietary. Rincian dapat ditemukan pada halaman lisensi.
* Cepat kompilasi. Misalnya, beban 140.000 baris kode yang tersebar lebih dari 500 file sumber-in 2.3 detik pada sistem 5400 AMD.
* Kuat dan bebas dari kebocoran memori. Digunakan untuk beberapa server yang menjalankan 24x7 (termasuk layanan-web).
* Kecil. Lingkungan pengembangan penuh, termasuk grafik, perpustakaan dan paket antarmuka banyak hal memerlukan approx. Harddisk 40MB. Kernel non-grafis adalah tentang 650Kb, perpustakaan grafis menambahkan sekitar 1.2MB pada gambar.
* Timbangan baik untuk aplikasi yang besar. Tidak ada batasan ukuran program, atom-panjang, jangka-arity atau nilai integer. Tidak ada penurunan kinerja pada predikat dengan banyak (diindeks) fakta.
* Tak terbatas aritmatika integer dan bilangan rasional berdasarkan perpustakaan GMP.
* Comprehensive set built-in sebutan, yang meliputi Bagian 1 dari standar ISO, de-facto bagian Edinburgh Prolog standar dan penting Quintus dan SICStus Prolog.
air kompatibilitas untuk Ciao, YAP dan GNU-Prolog.


lebih lengkap download disini

0 komentar: